Ingat, Menasihati Kebenaran Juga Perlu Kesabaran!

Sumber gambar: islamic-center.or.id

Salah satu dari enam hak sesama Muslim adalah, apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam.” Beliau shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ” 1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; 2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; 3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; 4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); 5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan 6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim no. 2162)

Sebagai Muslim kita diwajibkan memberikan nasihat kepada saudara kita ketika meminta nasihat. Jika ia tidak meminta, maka tidaklah wajib. Namun jika kita tidak dimintai nasihat, lalu ada kebathilan atau mudharat ketika tidak dinasihati, maka tetap wajib memberikan nasihat karena hal ini adalah bentuk menghilangkan kemungkaran pada saudara Muslim.

Beberapa dari kita lupa, bahwa selain menasihati seseorang dalam kebenaran, kita juga diperintahkan untuk sabar terhadapnya. Dalam surah Al-‘Ashr, Allah ta’ala berfirman: (1) Demi masa. (2) Sungguh, manusia berada dalam kerugian. (3) Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Sering kali kita terburu-buru, berharap dengan satu nasihat yang diberikan akan mengubah cara pandang seseorang. Padahal, hidayah itu hanyalah Allah yang memberikan. Tugas kita hanyalah menyampaikan. Salah satu hal yang dapat menjadi alasan kekecewaan seseorang dalam menyampaikan dakwah adalah ketika ia menggantungkan diri hanya pada kekuatannya semata. Padahal di balik terbukanya hidayah seseorang melalui perantara kita, terdapat kuasa Allah yang telah melembutkan hatinya. Mari kita senantiasa memperbanyak berdoa memohon kepada Allah Ta’ala agar dimudahkan mejemput hidayah-Nya.